Thursday, October 19, 2017

KETIKA AKU BERDOSA


Siapa sih yang ga pernah berbuat dosa? Come on! Semua orang pernah berbuat dosa, bahkan Pak Jokowi, Pak Ahok, Pak Habibi, Bu Mega, Pak Sukarno, Pak Suharto, Bu Susi, siapa lagi ..? Bahkan semua orang penting, yang memiliki jabatan tertinggi di negara ini pun pernah berdosa, berbuat dosa. Hanya aja gak pernah di blow out sampe ke media (buat apa juga berita gak mutu, bayangin aja di headline berita "Pak Habibi Tercyduk Berdosa") wkwkwkw... lagian orang-orang seperti mereka pasti akan sangat menjaga diri agar di depan khalayak tetap sempurna, karena bagi bangsa ini mereka adalah Public Figure yang katanya pantas diteladani, kecuali ya ngerokoknya pak Sukarno, tatonya bu Susi.. heloooowww??? yang baik-baik aja yang diteladani ya gak sih? Nah.. terus sekarang gimana sama kita...yang cuma rakyat biasa?

eitsss..jangan salah! kita bukan lagi rakyat biasa seperti yang dipercaya masyarakat jaman micin mulai eksis, ini jaman masyarakat nggak buta sama politik dan hukum, ini jaman dimana masyarakat melek media, literasi terhadap media itu ada dan masyarakat seperti kita ga bisa dibodohi lagi, gak bisa dengan mudahnya diprofokatorin A, B, Z.. nggak..nggakkk.. jauhhh itu !!! Kita masyarakat yang mau belajar dan pintar ! Itu tanamkan tuhh dalam hidup kita, jangan cuma jadi masyarakat yang acuh tak acuh, mentelengin hp terus saban hari liat feeds di Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, duh.. jauh lahhh, jangan lahhh, itu bener-bener generasi micin, yang cuma ikut-ikutan aja jaman ini karena gak mau ketinggalan atau dianggap gak gaul. pelis dehhh..

Aku sendiri sih, sempet berdosa ya, nyebarin berita yang gak bener di group.. dan puji Tuhannn untungnya ada orang yang bantu aku memverifikasi berita itu dan memberikan kejelasan kebenarannya seperti apa. Then, aku ngerasa kaya hmmm.. berdosa lah, itu info sesat gitu, kelihatannya bagus, baik, gambarnya menarik, tapi ternyata..salah kaprah, aku gak baca sampai habis, dan aku gak verifikasi dulu nih berita bener atau hoax. Nyesel banget...sejak saat itu aku ga sembarangan sebar-sebar berita di group. Bersyukur di sekelilingku ada orang-orang yang lebih melek berita daripada aku.. Thanks God! akhirnya aku gak menyesatkan orang-orang di gorup itu..

Terlepas dari masalah berdosa tadi, mungkin ada dosa-dosa lain yang pernah kita lakukan. bener kan? pas tanggal merah beberapa waktu lalu di Kalender, Saudara-saudari Muslim kita pada potong kurban, dimana-manaaaa ada orang jualan Kambing n Sapi buanyak buanget.. dan pas Hari H, keluargaku juga dapet sekantong kresek potongan daging sapi dari Masjid sebelah.. kita masak Rawon sama Soto enak banget dehhh..

tapi sebenernya aku penasaran juga kenapa mereka sampe segitunya gitu.. oh ternyata itu untuk menghapus dosa-dosa mereka, dan supaya diampuni. Beda banget mungkin dengan kebudayaan atau ajaran agama-agama yang lain. Terutama di Kristen yah, kalo kita berbuat dosa emang gak perlu kurban-kurban gitu, karena udah ada yang berkurban, 1 Pribadi ini yang berkurban buat semua dosa umat manusia, ada kok di Kalender Indonesia, yap.. "Wafat Isa Almssih" , itulah hari dimana Tuhan Yesus yang kami percaya itu mati dan mengurbankan dirinya, cukup sekali untuk selamanya (Gak masuk akal sih emang, tapi ya itulah, kalo masuk di akal kita ga butuh Tuhan kali ya?! hahahha). Dan ternyata ga cuma sampe di situ aja, Tuhan gak cuma mengurbankan dirinya, trus mati udah. No.. Di hari ke-3 Dia bangkit, dan naik Ke Surga, ada loh di Kalender Indonesia "Kenaikan Isa Almasih" , itu naik kemana sih? Iya naik ke Surga dong, masa naik di langit aja.. ga keren dong. (gak ding becanda).Yappp..dan di Surga Tuhan mempersiapkan tempat yang indah bagi semua umat-Nya yang percaya, indah banget kan..? :)

ngomong-ngomong soal dosa, ini tadi bahasnya pak Habibi, sampe bahas Surga segala.. wkwkwkw jauh banget , tapi bisa nyambung ya.. amazing banget.. wkwwkwk Jadi gini, aku mau share sedikit soal pengalamanku, aku pernah berdosa lagi. ini fatal banget, sampe aku ga berani cerita ya.. i keep this for someday, mungkin suatu hari nanti aku berani cerita, ya intinya aku merasa sangat kecewa dengan diriku, sampe-sampe aku ga bisa maafin diriku sendiri gitu. I felt so bad, really bad! sampe mau doa sama Tuhan aja ga berani, yang saat itu kubisa ajak ngomong cuma ko Rudy aja, trus dia dateng ke rumah dan ajak aku doa bareng. It feels better, tapi mungkin iblis ga seneng dan dia manfaatin waktu (halah tik, ga usa mengkambing hitamkan dia, dosa ya dosa aja)* glek! ya deh..aku yang salah, jadi aku tetep struggling dengan dosaku, padahal i know Tuhan sudah ampuni, kalau aku minta ampun (dengan berdoa, dan mengakui dosa kita, dan berjanji gak ngelakuin lagi)* but i really felt so unworthy, bener-bener gak layak... sampe aku skip semua pelayananku di Gereja, karena aku ga mau ke-aku-an ku ga jadi berkat. So, aku memilih menyendiri dan gobloknya aku tetap merasa berdosa..dan ga percaya bahwa Tuhan sudah mengampuni.

Sedikit demi sedikit Tuhan mulai pakai orang-orang di sekitarku, Tuhan pakai apapun yang ada di sekitarku, untuk ngomong.. bahwa "Aku mengampunimu" . Kadang aku klaim itu sebagai jawaban Tuhan dengan konfirmasi , misalnya aku dapatkan pesan itu berkali-kali tapi dari berbagai media yang berbeda, aku doakan dan kalau hatiku damai sejahtera, Its Him.. dan kali itu hatiku damai sejahtera, aku juga dapat konfirmasi, aku tahu He never give up on me, Dia terus berusaha berkomunikasi denganku, tapi aku tolak itu dengan tidak percaya. Goblok banget kan? iya..gak berhikmat banget. But yang namanya anak ya anak, tetep aja Bapa itu orang tua yang mengasihi anaknya, walaupun anaknya nakal-nakal kayak kite-kite gini.. (set dah, lu aje tik yang nakal)* wkwkwk.. gakkk becanda... ya dosa namanya dosa ya tetep bikin hubungan kita buruk dengan Tuhan, karena emang Kekristenan itu bukan bicara soal agama pada umumnya yang ya gitulah, tapi Kekristenan bicara soal hubungan kita dengan Tuhan, yang terutama adalah hubungan. saat aku berdosa, aku tahu hubunganku sama Tuhan gak baik, itu kayak orang pacaran yang berkhianat trus dia selingkuh, betapa hancur hati Tuhan kan? karena kita lebih memilih yang lain dari pada Dia, dan untuk memulihkan keadaan hubungan yang ga baik itu, kadang kita seolah bersusah payah untuk memperbaikinya, padahal..semua itu juga ujung-ujungnya Tuhan yang berusaha, karena kekuatan kita itu asalnya dari siapa? Dari Tuhan kan? yap.. Tuhan yang terus berusaha juga memperbaiki hubungan itu, tinggal kitanya...mau ga dipulihkan, mau ga berani deket lagi, mau ga janji gak ingkarin janji lagi.. mau ga setia terus sama Tuhan, dan ga berdosa.. Thats Gods love for us.. unlimited !

Dan hari ini aku bersyukur, hubunganku sama Tuhan udah membaik, itupun bukan hasil usahaku, tapi karena perkenanan Tuhan aja. Aku pengen hubungan ini berangsur membaik dan terus semakin baik, karena hidup deket Tuhan tuh rasanya adem dan bikin damai di hati. Mau masalah sebesar apapun, asal deket aja sama Tuhan, ga perlu takut dan gentar, kan kita ga sendirian! :)

Kalo ada yang nanya itu apa hubungannya sama gambar di atas? kalo ada yang nanya sih.. ini kujawab ya. wkwkwk... jadi itu lukisan perumpamaan waktu Tuhan Yesus menyelamatkan domba yang terhilang, 1 aja dombanya yang ilang, trus Dia tinggalin tuh domba-dombanya yang lainnya di ladang dan Dia cari sampe ketemu domba yang tersesat tadi dari burung elang yang hampir mau memangsa dia. Sebenernya ini kita banget kan, kita tu udah dituntun ke padang rumput yang hijau bareng kawanan domba yang laen, eh..kitanyaaa suka ma rumput tetangga, akhirnya keluar deh dari jalur kawanan domba, jalan sendiri, sak karepe dewe.. akhirnya malah nyungsep di lembah yang curam dan hampir di terkam elang besar yang lagi kelaparan, kita niat banget berdosanya sampe-sampe buta, ga bisa bedain mana yang di masa depan itu membawa keselamatan dan malah melihat apa yang ada di depan mata yang sifatnya fana dan sementara, tergiur sama rayuan iblis dan jatuh ke dalam dosa. kita tuh sebenernya ga bisa apa-apa, duri-duri dosa itu sudah tertancap di tubuh kita, kita tuh gak bisa gerak sama sekali, kita cuma bisa tereak-tereak.. "Embekkk...embekkk" (di konteks ini baca: Tuhan tolong, ampuni saya...selamatkan sayaaaa). Apa Tuhan balesnya "Mbelgedes.. bah, salahmu dewe!" (baca: Ah biarain aja, toh itu salahmu sendiri) ?? Enggak lhooo! Tuhan malah lariiiii, dan cari dari mana asal suara itu, then He found you and me, ini cerita ga berhenti di sini, pas Tuhan udah nemuin kita, masih ada 1 masalah lagi.. kita punya 2 pilihan ( setelah ditolong, lari...atau mau digendong). Nah..now the choice is in your hand...

kalo aku sih pilih digendong begini nihhh.. ^^


0 comments:

Post a Comment