Friday, October 20, 2017

MALAS BERKOMUNIKASI BERAKIBAT FATAL


MALAS BERKOMUNIKASI, HAMBAT PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN !
"Komunikasi amat esensial buat pertumbuhan kepribadian manusia. Ahli-ahli ilmu sosial telah berkali-kali mengungkapkan bahwa kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian." (Davis, 1940: Wasserman, 1924). Antropolog terkenal, Ashley Montagu (1967:450) menulis: "The most important agency through which the child learns to be human is communication, verbal also nonverbal."

Ide:
Jika suatu saat nanti kita menjadi orang tua, hal terpenting adalah berkomunikasi dengan anak-anak kita. Mengajarkan kepada mereka apa yang mereka belum ketahui, menceritakan pengalaman-pengalaman kita, dan saling bertukar pikiran serta pendapat. Seorang anak yang masih terus berkembang pasti membutuhkan banyak informasi yang positif dan membangun dirinya menjadi lebih baik. Beberapa waktu ini saya mulai sadar, sewaktu saya masih kecil, saya justru lebih sering berkomunikasi dengan Nenek, karena ternyata pada waktu saya masih kecil orang tua saya begitu sibuk dengan karirnya masing-masing. Kata-kata Neneklah yang lebih sering teringat di kepala saya, nasehat-nasehat Nenek juga lah yang lebih mudah saya ingat dibandingkan yang lainnya.


#ilmukomunikasi #komunikasi#mudahberkomunikasi#komunikasisederhana #teorikomunikasi#tekom #teoringomong #teoriberbicara#ngomongaja #ngomongnggaksusah#bicaramudah #communicationscience#communicationtheory #kelaskomunikasi#communicationdesign#communicationquotes

0 comments:

Post a Comment