Thursday, January 12, 2012

CERITA DARI BALI..

Hari kamis pukul 15.00 tika, mama, dan 5 bis rombongan dari RSU Saiful Anwar berangkat dari Malang menuju Bali.. Senangnyaaa, yaaa meskipun resiko hari Senin pagi pulang jam.04.00 diperkirakan sampai Malang, jam.10.00 paginya Tika langsung UAS (Ujian Akhir Semester) 1 di FISIP - UB... Tapi tak apalahhh, yang penting Mama senang .. :))
Sampai di Pelabuhan Ketawang Gede sekitar pukul 23.30.. lalu kami melanjutkan penyebrangan ke Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk dan tiba di sana pukul 00.45 .. Di perjalanan tika mabuk lauttt..
Akhirnya muncullah ide untuk membeli segelas mie instant sambil melihat pemandangan kapal-kapal ferry yang berlayar di laut... :) akhirnya hilanglah mabuk laut ituuuu...

Dari pelabuhan Ketapang Gilimanuk , pak supir hebohhh !!! ternyata selama perjalanan tadi, ada 3 bis yang dilempari batu oleh orang-orang yang sedang mabuk di daerah Situbondo....
Tapi puji Tuhan..rombongan bis kami (bis 4) tidak ada yang melempari batu :)
Dari Pelabuhan Ketapang Gilimanuk 00.45, kami melanjutkan perjalanan menuju Sanur..
Sekitar pukul 05.00 kami tiba di Sanur, WELCOME BALI !!!
haaah...tapi sayang seribu sayang... kami terlambat datang, matahari sudah terbit.. :(
Seharusnya jika kami bisa datang 1 jam lebih awal pasti kami bisa melihat sunrise di sana..
Tapi tak apalah..akhirnya aku memutuskan untuk menghabiskan waktu berfoto-foto ria bersama mama :)

Ternyata mamaku jago jadi fotografer juga! Ehehehhe... nice shoot mom !

Sepulang dari Sanur, sekitar pukul.06.00 kami melanjutkan perjalanan ke Kertolangu untuk makan dan mandi di sana.. antri mandi 1jam , wkwkkwkw.. setelah kami antri untuk makan, aku dan mama kehabisan nasi..tinggal bebek goreng saja, akhirnya pagi itu kami breakfast fried duck - hihihi...Mejeng dulu di daerah Kertolangu Resto..

Yappp! Akhirnya pukul 08.20 kami melanjutkan perjalanan menuju Bali Bird Park :)
Sebelum kami menuju Bali Bird Park.. kami diperkenalkan oleh Tour Guide kami yang baru,
yaitu bernama : Beli Kadek Ari : artinya kakak laki-laki, anak ke-2 yang bernama Ari .. hahaha panjang! Ohya, ada 1 lagi..pak supir yang baik hati namanya : Mas Agus..hehehe
Okeee, akhirnya kita tiba di Bali Bird Park sekitar pukul .09.20 jadi sekitar 1 jam perjalanan, cukup jauhhh.
Di perjalan Beli Kadek Ari ngomongggg terus..nahhh tika juga mau berbagi ilmu nih soal bahasa Bali :
Bahasa Bali / nama panggilan untuk anak ke :
-pertama : Putu, Wayan, Gede
-dua : Made, Kadek
-tiga : Nyoman, Tetengah, Komang
-empat : Ketut (bukan kentut!)* hehe
Nahhh, nama panggilan untuk :
-Perempuan : Ni , (contoh: Ni Putu, Ni Wayan..dll)
-Laki-laki : I , (contoh: I Gede, I Nyoman..dll)
Okey...sampailah kita di sana! Harga tiketnya kurang tau..hehehe, semua kan GRATIS..
Tapi setelah kita masuk gerbang, kita langsung disemprotin antiseptik lho! Bau obat gitu deh..
Tapi katanya supaya kita aman berada di "sangkar raksasa burung" ini..begituuu :)
Asikkk ! Setelah lihat film di bioskop 3D tentang kisah burung yang tidak berani terbang, kita langsung meluncur menuju Sukowati !!! Sekitar pukul 10.30 kita berangkat dari Bali Bird Park, sampai di Sukowati pukul.11.00 . Dari sana semua orang berbondong-bondong belanjaaa, tawar sana-sini..lalalalala~
Hehehe, aku dan mama juga tidak kalah hebohnya.. karena maklum dehhh, oleh-oleh wajib bawa..
Hmmmm...buat eyang, buat nenek, buat ayah, buat kakak, buat keponakanku yang kecil-kecil, buat sepupuku yang di Palu, buat sahabatku yang di Jakarta, buat sahabat-sahabatku di tempat kerja, buat sahabat-sahabat di kampus, buat yaaa..masih banyak lagi dehhh.. hihihi~ Alhasil jadilah hukum ekonomi :
Pengeluaran SEDIKIT, Pendapatan MELIMPAH.. Wkwkwkkw
Ohya, yaampun..di depan Sukowati situ banyak banget sesajennya...ckckckkc
 Nahhh, berhubung mama sangat suka dengan yang namanya buah SALAK .. Akhirnya mama beli salak, yang tika kurang tahu berapa beratnya tapi yang pasti mama menghabiskannya sendiri selama perjalanan..
Hihihihi...Kasian pak supir, karena kecapean menunggu orang-orang belanja sampai tertidur di bagasi..
 Hehehehe...setelah kami semua selesai belanja ternyata orang-orang belum selesai belanja..
Yaampun..akhirnya tika foto-foto deh sama si Karina, anak kecil umur 5th yang suka pinjam kamera, hihihi Dia bilang : "Ssssssst...jangan rame-rame kasian pak supir bobok..." wkwkkwkwk !!!

Oke dehhh, akhirnya kami semua melanjutkan perjalanan yang melelahkan ini menuju Favehotel - Seminyak - Kutha - Bali, sekitar pukul.15.00 kami check in di sana, suasana sore itu ramai sekali, ternyata ada miss komunikasi antara pihak Tour dan pihak Hotel, alhasil kamar yang seharusnya muat 2 orang, malah di isi 4 orang..ckckckkc..untung bed-nya double, jadi bisa diturunkan.. hfff~ untunglahhh, ohya kamar kami awalnya nomor 333, tapi entah sepertinya karena kesalahan teknis itu kamar kami berubah di nomor 315..
Hotelnya ada di tengah Kutha, kanan-kirinya ada Bar, ada Cafe, ada Diskotik, ada Mall, ada Pertokoan, dan ada juga minimarket kecil (semacam Alfa****) yang harga batreinya 3X harga batrei di Malang.. ckckckckckkc... menyesal beli di sana, huahhhh... terpaksa karena tidak ada minimarket lagi selain di situ..
Ngomong-ngomong soal Hotel, hotelnya lumayan mewah juga lho! Kuncinya aja pakai kartu..
Kalau mau buka pintu tinggal tempel kartunya di gagang pintu, nanti lampunya nyala, pintu bisa di buka deh!
Hihihi.. ohya, untuk menyalakan listrik juga sama! Tinggal taruh kartu ini di tempatnya, jadi semacam sakelar untuk menyalakan semua listrik di dalam kamar, mulai dari stopkontak, AC, lampu, TV, wifi, dan telepon.

Ohya, kamar mandinya lupa difoto..Hehe~
Mirip seperti yang biasa di pakai di film-film. Tiap pagi cleaning sevice pasti datang, ada 2 tanda :
1. Kalau kartu clean diletakkan di bed, itu artinya minta dibersihkan
2. Kalau handuknya diletakkan di lantai, itu artinya minta dicucikan
Jadi kalau semua berantakan, tapi kartu tidak diletakkan di bed, dan handuk kotor tidak diletakkan di lantai, maka mereka tidak akan membersihkan & mencucinya.. Lucu juga yaaa! :p
Yak ! Waktunya mandi-mandi, dandan, lalu jalan-jalan kelilihg Hotel.. :)
Di sana ada banyak kartu pos yang terpampang rapi, ada banyak juga brosur dan majalah..
Ambil semua satu-satu buat koleksi..Hihihi.. totalnya ada 50 buah, gambarnya lucu-lucu, photograph banget gitu dehhh.. Bisa dipakai untuk contoh desain nanti di Malang! :)
Setelah asik jalan-jalan, ohya! Tika lupa kenalkan, ini teman lama Tika di SMPK Frateran Celaket 21 Malang, namanya Yonna, sekarang kuliah di Semarang sonooo,
mengapa kita bisa bertemu di lift??? Itu karena kamar kami dekat, mengapa kamar kami dekat?, karena kami 1 hotel, mengapa kami 1 hotel? karena kami memankai jasa Tour yang sama, mengapa memakai jasa Tour yang sama? karena mama kami bekerja di tempat yang sama, begitulah kira-kira. =D

Maaf ya Yon, cuma dari samping..
Soalnya Tika tidak punya fotomu yang lain selain yang ini, hehehe..
Ohya, malamnya akan ada acara Gathering..
Dalam rangka perpisahan kepala IRNA II di RSU Saiful Anwar, beliau mau pensiun..jadi malam itu adalah malam perpisahan kami dengan beliau.. Untuk konsumsi malam itu...hmm, kateringnya datang terlambat, kami semua sudah kelaparan.. Alhasil setelah makanan datang, semua orang rebutan... dan banyak yang tidak dapat makanan.. (hati-hati sakit perut om..tante..hehehe)*

Hihihi..iseng-iseng foto, sulit tidur gara-gara dengar suara "jedak..jeduk..jedak..jeduk.."
Ternyata suara cafe di samping hotel..hmmm, akhirnya tepat pukul 23.00 kami istirahat..
Paginyaaa, kami sarapan enakkk dan bergizi ! Ouw yeah..
 Semacam program penggemukan dan pemulihan badan ;p Hihihihi...ohya, roti bakarnya lupa ndak kefoto..
Wkwkwkkwkwkwkwkkw... yappp, hap, hap, hap.. Habis sudahhh..
Pagi itu kami semua langsung check out, lalu kami melanjutkan perjalanan menuju Teman Joger :)
Di sini tidak boleh foto-foto..jadi maaf ya..tika ndak bisa share..yang jelas, Teman Joger ini semacam "cabang" dari Joger, yang letaknya di daerah sebelum Bedugul.. tempatnya jauh lebih luas dan besar..
Di sana handphone tika sempat di copet orang! Tapi puji Tuhan..handphone-nya berhasil tika ambil sendiri dari tangan si pencopet itu.. hmm~ semoga dia tidak mengulangi perbuatannya..aminnn.
Perjalanan selanjutnya yaitu : Lunch di Vila Air - Bedugul ! Yeahhh..perjalanannya jauh juga lohhh ! Sekitar 1jam 30 menit.. Ada banyak sawah yang kita lewati di sana, tidak kalah hijaunya dengan di Malang! :P
Hehehe..waktu itu hujan ! Dan udara di sana hampir sama dengan di Batu . Dinginnnn-nya minta ampun..
di tambah lagi ada hujan..wuihhh, semua makanan jadi dingin..karena memang tempat makan ini letaknya ada di atas air dan di samping itu tidak ada penutupnya di samping...sehingga rintik-rintik air hujan bisa masuk..Semua orang makan dengan cepat, karena kedinginan..termasuk aku dan mama...
Nah ini dia foto-foto waktu di Bedugul.. Seru sekali..mama di ajak foto ndak mau, katanya kedinginan..
akhirnya tika ditinggal mama beli bakso panas deh di dekat parkiran bis sana.. No problemlahhh~
Setelah dari Bedugul kami melanjutkan perjalanan pulang ke Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk..
Kami berangkat dari Buleleng sekitar pukul 17.30 , sampai di dermaga pukul.18.45, lalu kami melanjutkan penyeberangan...sampai di Banyuwangi pukul.20.55 :) Bye Bali....
Dan akhirnya..kami sampai di kota Malang pukul.03.00 menunggu taksi lamanya minta ampun...
Akhirnya kurang lebih 1 jam kemudian kami menaiki taksi dari Belimbing sampai di depan rumah pukul 04.10.. :) WELCOME BACK MALANG..
Yappp, perjalanan yang melelahkan tapi cukup menyenangkan...
untuk hasil KONTEMPLASI di Bali..tunggu episode selanjutnya yaaa ! :)