Saturday, January 28, 2012

JADI CONTOH? SIAPA TAKUT!


"Don't let anyone look down on you because you are young, but set an example for the believers in speech, in conduct, in love, in faith and in purity."
1 Timotius 4:12 - NIV

"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."
1 Timotius 4:12 - LAI



"Janganlah membiarkan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau masih muda. Sebaliknya, hendaklah engkau menjadi teladan bagi orang-orang percaya dalam percakapanmu dan kelakuanmu, dalam cara engkau mengasihi sesama dan percaya kepada Yesus Kristus, dan dengan hidupmu yang murni."
1 Timotius 4:12 - BIS

Menjadi teladan itu tidak mudah, apalagi dalam :
1. Perkataan/percakapan
2. Tingkah laku
3. Kasih/cara mengasihi sesama
4. Kesetiaan/percaya kepada Yesus Kristus
5. Kesucian/hidup yang murni

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari yang lebih kongkrit, contohnya :

1. Ketika kita berbicara dengan orang tua, sudah sopan kah? atau justru kita berbicara dengan kasar? atau membentak-bentak? sedangakan mengapa justru dengan pacar.. penuh kasih, lemah lembut, panjang sabar... (hmmm...) are you?

2. Ketika kita berada di Gereja, ketika hari Minggu mungkin..kita begitu terlihat baik, ramah, murah senyum, rajin pelayanan, menyembah Tuhan dengan mengangkat tangan dan menangis, kreatif, dll. Tapi bagaimana ketika hari Senin-Sabtu? Bagaimana hidup di luar Gereja? yang terjadi justru malah sebaliknya.. kita begitu angkuh, pilih-pilih teman, malas, suka misuh/ngomong kotor, merokok, jarang berdoa, jarang baca Alkitab, bahkan mungkin kita tidak punya waktu untuk Saat Teduh... (hmmm...) are you?

3. Ketika kita berada di sekolah/kampus, ada orang yang membenci kita.. Sampai-sampai pada akhirnya dia melakukan hal yang menyakitkan bagi kita, dan kita merasa tersakiti. Tiap kali bertemu hanya acuh, dan rasa banci mulai tumbuh, dendam semakin merajalela, hingga tak ada lagi kata "maaf". Padahal yang Tuhan mau adalah : "Kasihilah musuhmu, kasihilah sesamamu, kasihilah..." tapi mengapa tidak dilakukan? mengapa hanya mau mengasihi orang-orang yang baik pada kita? (hmmm...) are you?

4. Mengaku bahwa diri adalah pengikut Yesus dan sudah dibaptis.. Tapi mengapa ibadah ke Gereja yang hanya 2 jam dalam 1X seminggu, dan 4X dalam 1 bulan saja sulit untuk hadir. Malah mungkin ada yang bilang 
"nanti deh kalo sempat.." atau 
"aduh ngga ada temennya.." atau 
"di sana tambah ngantuk, daripada tidur di Gereja mending tidur di rumah.." atau 
"aduh senin-sabtu udah kerja terus, minggu itu waktunya istirahat.." atau 
"hujan nih..ngga bisa dateng.." atau 
"di Gereja gak ada cewe cantikkk, males ahhh.." atau
 (hmmm...) are you?

5. Ketika kita sendirian, ada laptop, ada BB, ada android, ada TV, ada DVD, ada tablet, dan gadget-gadget lainnya.. semua itu bukan kita yang membeli tapi orang tua kita yang membelikannya, dengan harapan hidup kita tidak galau lagi, dengan harapan kita tidak gaptek, dengan harapan kita bisa memanfaatkan itu untuk keperluan di sekolah/kampus, untuk mempermudah mengerjakan tugas, dll. Tapi kenyataannya, kita malah mempergunakannya untuk hal-hal yang memalukan bagi Tuhan; nonton blue film! bokep! film porno! apapun sebutannya..mulai dari versi tradisional sampai internasional, mulai dari ukuran beberapa kb bahkan mungkin sampai yang tera, waooow.. ada yang di simpan, ada yang dibagikan ke teman-teman.. (hmmm) are you?

#Sadarkah? KITA ADALAH TELADAN..
Mengapa lebih suka menjadi FOLLOWER jika kita bisa menjadi TRENDSETTER?
Mengapa lebih suka hidup STANDAR seperti orang lain, jika kita bisa hidup di HIGHLEVEL-nya Tuhan?
Mengapa lebih suka MENUNGGU orang lain, dari pada kita sendiri yang MEMULAI?
TELADAN... Tidak pernah memandang usia dan latar belakang kita, jangan pernah ragu dan takut untuk menjadi teladan hanya karena kita masih muda. 
Jika kita tersadarkan sekarang, rubah pola pikir, mohon ampun pada Tuhan, dan mulai tatap masa depan!
Ingatlah..Tuhan sudah menyediakan karya yang begitu indah dalam setiap anak-anak-Nya pastinya percaya, mengikuti, dan melakukan teladan yang diberikan oleh-Nya :)



0 comments:

Post a Comment